Manfaat Makan Buah dan Sayuran bagi Kesehatan

Buah dan sayuran mempunyai peranan penting, saat melaksanakan aturan atau rencana diet yang kita buat, agar tetap sehat dan kuat. Sebuah penelitian telah menunjukkan adanya pengaruh antara mengkomsumsi buah dan sayuran dan mengurangi kematian, hal ini terjadi pada orang-orang yang sudah berumur tua.

Buah dan sayuran memiliki kandungan serat

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang dilakukan sehari-hari dengan perbandingan 569 gram buah dan sayuran, dapat mengurangi resiko kematian sampai 10%. Penelitian tersebut membuktikan resiko kematian dapat ditunda sampai dengan 1,12 tahun, jika Anda mengkomsumsi atau makan buah-buahan dan sayuran lebih kurang249 g setiap harinya.

Nutrisi yang dikandung dalam sayuran, misalnya vitamin A dan C, asam folat, kalium dan serat. Buat tomat juga makanan kaya akan kandungan kalsium, seperti saus, jus, dan tomat pasta, kacang, bayam, kacang, putih kentang, kacang kedelai, dan sayuran bit. Dosis tinggi Vitamin A dalam kandungan buah-buahan dan sayuran dapat membantu mempertahankan kesehatan mata dan kesehatan kulit. Vitamin C juga dapat membantu untuk meningkatkan kecepatan penyerapan zat besi dalam tubuh, menjaga kesehatan gusi dan kesehatan gigi serta dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan serat dalam buah dan sayuran dapat meringankan gejala sindrom iritasi pada usus, sehingga dapat mengatur buang air besar dan mencegah dan meringankan sembelit dan diverticulosis.

Sayuran dan buah dapat dilakukan untuk Diet

Beberapa alasan yang paling penting, mengapa Anda harus banyak mengkomsumsi buah-buahan dan sayuran adalah :
  1. Buah dan sayuran memiliki kandungan serat yang banyak, yang membantu untuk menjaga kesehatan usus besar dan sistem pencernaan dalam tubuh kita.
  2. Sayuran dan buah dapat dilakukan untuk Diet, karena dapat mengurangi resiko terkena diabetes dan obesitas.
  3. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral seperti kalium, asam folat dan vitamin C dan A. buah dan sayuran kaya akan mineral, yang membantu Anda tetap sehat dan bersemangat. Selain itu Kalium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi tulang keropos dan resiko terkena penyakit batu ginjal.
  4. Dengan adanya buah dan sayuran di atas piring kita, dapat membuat kenyamanan saat bersantap.
  5. Buah dan sayur dapat dikomsumsi untuk diet, agar kesebatan kita tetap seimbang.
  6. Makan buah dan sayur mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit kanker.
  7. Buah dan sayuran adalah makanan yang mengandung rendah lemak dan memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga dengan makan banyak buah dan sayuran dapat mempertahankan berat badan yang ideal.
  8. Makan sayuran memiliki rendah kalori dan bukan makanan berkalori tinggi, sehingga dapat membantu untuk mendapatkan gisi dan kesehatan tubuh kita.
Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral

Menjaga komposisi makan buah-buahan dan sayuran adalah sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan. Aturlah komposisi buah dan sayur yang kita makan, karena tidak ada satu buah atau sayuran yang memiliki nutrisi lengkap yang diperlukan, untuk mempertahankan kesehatan tubuh kita. Lengkapi buah dan sayuran pada tempat yang Anda miliki seperti di taruh dalam kulkas, agar mudah dilihat dan diambil. Anda juga dapat mencoba resep makanan yang baru, dengan menu aneka buah dan sayuran atau juga Anda mulai dengan membuat minum jus yang berwarna hijau.

Makan buah dan sayur mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit kanker

Cobalah membeli aneka sayuran dan buah sebagai nuangsa makanan baru bagi Anda. Belilah sayuran dengan daun yang agak gelap atau merah atau buah dan sayuran yang berwarna  oranye seperti buah jeruk dan tomat, dan buah dan sayuran dengan warna lainnya. Makan buah dan sayuran juga memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan orang-orang yang sering minum-minuman alkohol atau bagi perokok, karena buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu untuk meringankan pengaruh akibat alkohol dan tembakau.

Demikian artikel kesehatan tentang manfaat makan buah dan sayuran bagi kesehatan, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita semua.