Manfaat Makan Buah dan Sayuran bagi Kesehatan

Buah dan sayuran mempunyai peranan penting, saat melaksanakan aturan atau rencana diet yang kita buat, agar tetap sehat dan kuat. Sebuah penelitian telah menunjukkan adanya pengaruh antara mengkomsumsi buah dan sayuran dan mengurangi kematian, hal ini terjadi pada orang-orang yang sudah berumur tua.

Buah dan sayuran memiliki kandungan serat

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang dilakukan sehari-hari dengan perbandingan 569 gram buah dan sayuran, dapat mengurangi resiko kematian sampai 10%. Penelitian tersebut membuktikan resiko kematian dapat ditunda sampai dengan 1,12 tahun, jika Anda mengkomsumsi atau makan buah-buahan dan sayuran lebih kurang249 g setiap harinya.

Nutrisi yang dikandung dalam sayuran, misalnya vitamin A dan C, asam folat, kalium dan serat. Buat tomat juga makanan kaya akan kandungan kalsium, seperti saus, jus, dan tomat pasta, kacang, bayam, kacang, putih kentang, kacang kedelai, dan sayuran bit. Dosis tinggi Vitamin A dalam kandungan buah-buahan dan sayuran dapat membantu mempertahankan kesehatan mata dan kesehatan kulit. Vitamin C juga dapat membantu untuk meningkatkan kecepatan penyerapan zat besi dalam tubuh, menjaga kesehatan gusi dan kesehatan gigi serta dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan serat dalam buah dan sayuran dapat meringankan gejala sindrom iritasi pada usus, sehingga dapat mengatur buang air besar dan mencegah dan meringankan sembelit dan diverticulosis.

Sayuran dan buah dapat dilakukan untuk Diet

Beberapa alasan yang paling penting, mengapa Anda harus banyak mengkomsumsi buah-buahan dan sayuran adalah :
  1. Buah dan sayuran memiliki kandungan serat yang banyak, yang membantu untuk menjaga kesehatan usus besar dan sistem pencernaan dalam tubuh kita.
  2. Sayuran dan buah dapat dilakukan untuk Diet, karena dapat mengurangi resiko terkena diabetes dan obesitas.
  3. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral seperti kalium, asam folat dan vitamin C dan A. buah dan sayuran kaya akan mineral, yang membantu Anda tetap sehat dan bersemangat. Selain itu Kalium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi tulang keropos dan resiko terkena penyakit batu ginjal.
  4. Dengan adanya buah dan sayuran di atas piring kita, dapat membuat kenyamanan saat bersantap.
  5. Buah dan sayur dapat dikomsumsi untuk diet, agar kesebatan kita tetap seimbang.
  6. Makan buah dan sayur mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit kanker.
  7. Buah dan sayuran adalah makanan yang mengandung rendah lemak dan memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga dengan makan banyak buah dan sayuran dapat mempertahankan berat badan yang ideal.
  8. Makan sayuran memiliki rendah kalori dan bukan makanan berkalori tinggi, sehingga dapat membantu untuk mendapatkan gisi dan kesehatan tubuh kita.
Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral

Menjaga komposisi makan buah-buahan dan sayuran adalah sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan. Aturlah komposisi buah dan sayur yang kita makan, karena tidak ada satu buah atau sayuran yang memiliki nutrisi lengkap yang diperlukan, untuk mempertahankan kesehatan tubuh kita. Lengkapi buah dan sayuran pada tempat yang Anda miliki seperti di taruh dalam kulkas, agar mudah dilihat dan diambil. Anda juga dapat mencoba resep makanan yang baru, dengan menu aneka buah dan sayuran atau juga Anda mulai dengan membuat minum jus yang berwarna hijau.

Makan buah dan sayur mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit kanker

Cobalah membeli aneka sayuran dan buah sebagai nuangsa makanan baru bagi Anda. Belilah sayuran dengan daun yang agak gelap atau merah atau buah dan sayuran yang berwarna  oranye seperti buah jeruk dan tomat, dan buah dan sayuran dengan warna lainnya. Makan buah dan sayuran juga memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan orang-orang yang sering minum-minuman alkohol atau bagi perokok, karena buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu untuk meringankan pengaruh akibat alkohol dan tembakau.

Demikian artikel kesehatan tentang manfaat makan buah dan sayuran bagi kesehatan, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita semua.

Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

Tahukah Anda, Bayam adalah sayuran berdaun hijau, yang mempunyai banyak kandungan zat gizi yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Selain bergizi, bayam juga memiliki kalori yang rendah. Berikut ini artikel mengenai manfaat sayur bagi kesehatan tubuh kita, disimak yah.

sayur bayam dapat menjaga kesehatan mata

1. Sayur bayam dapat menjaga kesehatan mata
Bayam dapat melindungi kesehatan mata kita, karena bayam mengandung beta karoten, lutein dan xanthena yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan mata. Beta karonten dapat membantu untuk mengobati mata yang kering, Lutein dan Xanthene dapat melindungi ksehatan mata yang berhubungan dengan usia degenerasi makula. Ini adalah penyakit yang menghancurkan retina mata kita dan merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya kebutaan pada orang yang berusia diatas 40 tahun.
Selain itu, bayam dapat membantu untuk mencegah katarak. Katarak adalah terjadinya pengaburan pada lensa mata. Ini juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan jika tidak segera diobati. Selain itu dampak terkena sinar UV matahari secara langsung juga dapat meningkatkan resikoterkena katarak.
Lutein dan Xanthene yang terkandung dalam sayur bayam mempunyai fungsi sebagai antioksidan dan Lutein dan Xanthene ini dapat menetralkan efek sinar UV matahari pada mata kita.

sayur bayam dapat menyehatkan bagi kesehatan usus

2. Sayur bayam dapat menyehatkan bagi kesehatan usus
Dengan mengkonsumsi bayam dapat melindungi kesehatan usus Anda. Vitamin C dan beta karoten yang terkandung dalam bayam dapat membantu melindungi saluran usus dari radikal bebas yang berbahaya. Sebuah penelitian juga membuktikan bawah sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat membantu untuk menurunkan resiko kanker usus besar. Bayam yang mengandung folic acid merupakan nutrisi yang dapat mencegah kerusakan sel-sel pada usus manusia.

Sayur Bayam dapat menjaga tekanan darah

3. Sayur Bayam dapat menjaga tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah penyakit kronis yang biasa terkena oleh sekitar 30 persen dari orang dewasa. Tekanan darah tinggi tentu harus diobati dengan mengkomsumsi obat-obatan. Nah dengan adanya sayur bayam, yang mengandung banyak kalsium, dapat menurunkan tekanan darah kita.
Kalsium yang dimiliki sayur bayam diantaranya, Potasium dan natrium yang membantu menurunkan tekanan darah. Asam folat dalam kandungan bayam juga membantu menurunkan tekanan darah. Folic acid membantu menjaga pembuluh darah, sehingga masih aliran darah normal dapat dipertahankan dan juga membantu mengurangi tekanan darah untuk beberapa sistem kardiovaskular dalam tubuh.

Sayur bayam dapat membantu mengobati penyakit inflamasi

4. Sayur bayam dapat membantu mengobati penyakit inflamasi
Ada sejumlah penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Beberapa penyakit ini seperti : asma, fibromyalgia, arthritis dan migran (sakit kepala sebelah). Bayammengandung anti-inflamasi, itulah sebabnya sayur bayam dapat membantu untuk mengobati berbagai penyakit kronis.

Sayur bayam dapat menjaga berat badan

5. Sayur bayam dapat menjaga berat badan
Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, maka Anda dapat melakukan diet Anda dengan mengkomsumsi banyak sayur bayam. Sebuah penelitian telah menunjukkan, bahwa sayur bayam dapat membantu untuk merangsang metabolisme dalam tubuh. Metabolisme dalam tubuh yang seimbang dapat menurunkan berat badan kita. Penelitian juga menunjukkan bahwa bayam membantu untuk mengurangi rasa lapar.
Peningkatan aktivitas metabolik dalam tubuh, tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi memiliki banyak manfaat lainnya. Metabolisme yang lebih cepat, dapat membantu tubuh untuk menyembuhan yang lebih cepat dan juga membuat sistem orgam tubuh lebih bekerja secara optimal.

Bayam adalah salah satu makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk dimakan. Dengan mengkomsumsi bayam, dapat menjaga kesehatan mata, mengurangi peradangan, menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan usus dan juga dapat membantu untuk menjaga berat badan Anda. Nah apalagi yang Anda tunggu, mari yuk mengkomsumsi sayur banyak setiap hari.

Demikian artikel kesehatan mengenai manfaat sayur bayam bagi kesehatan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kesehatan kita semua.