Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman

Artikel Kesehatan - Inilah cara yang benar dan aman membersihkan telinga. Sebetulnya telinga itu diciptakan secara sempurna karena dapat membersihkan cairan kekuningan atau biasa diesbut dengan earwax secara langsung. Apabila ada kotoran di telinga kita, akan keluar dengan sendirinya ke bagian luar telingah kita melalui rahang saat kita mengunyah. Tapi itu tidak menjamin telinga kita sudah bersih. Menjaga kebersihan telingan kita itu sangatlah penting, karena telinga adalah alat pendengaran kita. Dan apakah kamu sudah yakin, kalau selama ini kamu sudah membersihkan telinga kamu dengan aman dan benar ?.

Kali ini kita akan membahas Bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar.

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman

Apakah Sebenarnya Ada Tidak Fungsi Earwax Buat Teling Kita ?
Telinga memiliki kemampuan alami untuk memproduksi earwax atau yang biasa kita sebut dengan cairan kekuningan pada telinga. Ini fungsinya untuk melindungi telinga kita dari berbagai macam serangga misalnya, kemudian benda asing dan juga agar menahan air tidak masuk ke dalam telinga. Selain itu juga earwax ini untuk menjaga kelembaban dari telinga kita.

Jika Earwax Tidak Dibersihkan, Apa Akibat Yang Ditimbulkan ?
Sebetulnya tubuh kita memiliki kemampuan untuk membersihkan earwax dengan sendirinya. Pada saat kita misalnya mengunyah, berbicara itu, earwax akan dikumpulkan oleh saraf saraf telinga dan otot juga, sehingga dapat mengering dan juga akhirnya dia keluar dengan sendirinya.

Jadi sebenarnya earwax itu tidak tak perlu dibersihkan, karena sudah ada sistemnya sendiri untuk membersihkan dirinya sendiri.

Kapan Sih Kita Harus Membersihkan Telinga ?
Karena telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri, sebenarnya tidak perlu terlalu sering untuk membersihkan telinga. Misalnya 1 minggu sampai 2 minggu sekali saja sudah cukup. Dengan membersihkan telinga bagian luar saja, tanpa mendorong kotoran telinga masuk ke telinga tengah atau telinga bagian dalam.

Kenapa Kita Tidak Boleh Pake Cotton Bud dan Ear Candle ?
Penggunaan Cotton Bud, Sebenarnya bukan tidak boleh, tapi bisa digunakan untuk membersihkan telinga bagian luar. Karena kenapa, karena telinga bagian dalam itu sangat sensitif. Jadi apabila tergores atau terkena kapas dari Cotton Bud, bisa menimbulkan trauma dan akhir menyebabkan infeksi. Apalagi kapas tersebut bisa tertinggal di dalam.
Jadi sebenarnya untuk membersihkan telinga bagian luar itu sah-sah saja menggunakan Cotton Bud.
Kalau untuk Ear Candle sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan, bahwa dengan membersihkan telinga dengan menggunakan Ear Candle telinga dapat bersih 100%. Nah malah justru kadang-kadang menyebabkan trauma, misalnya seperti lilin pada Ear Candle yang jatuh masuk ke dalam telinga. Kemudian juga bisa menyebabkan goresan pada telinga yang menyebabkan infeksi.

Lalu Bagaimana Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman.
Yang pertama kita bisa menggunakan oil atau baby oil untuk bagian telinga bagian luar. Seperti misalnya dioleskan pada daerah yang diinginkan. Kemudian juga bisa dengan penggunaan obat tetes telinga. Tapi obat tetes telinga biasanya dengan resep dokter, walaupun obat tetes telinga dapat dibeli di apotek dengan bebas.

Kemudian juga kita bisa membersihkan bagian dalam, misalnya ke dokter THT, kita bisa menghubungi dokter untuk membersihkan telinga bagian dalam, agar dibersihkan dengan alat atau disemprotkan air, tentu saja dengan keahlian dari dokter spesialis THT yang biasa kita sebut dengan Ear Toilet.

Demikian artikel mengenai Cara Membersihkan TelingaYang Benar dan Aman, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman Reviewed by Herlan Hamdan on February 17, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.