Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Artikel Kesehatan - Apakah Anda tahu, kalau ternyata Batuk itu adalah self limiting disease? Apaan tuh self limiting disease? Apakah batuk bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan? Gimana cara mengurangi batuk? nah kali ini kita membahas tentang cara mengobati batuk secara alami.

Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Batuk sendiri merupakan respon alami dari tubuh, untuk mendorong keluar benda asing yang mencoba masuk ke saluran pernapasan. Benda asing tersebut biasanya dalam bentuk zat gas, seperti partikel debu maupun asap knalpot. Kemudian juga dapat juga berbentuk zat cair, maupun gas padat seperti makanan ataupun minuman. Karena di sini kita mempunyai dua saluran, yaitu saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Makanan masuk ke saluran pencernaan dan udara masuk ke saluran pernafasan. Namun dalam beberapa kasus makanan dapat masuk ke saluran pernapasan, sehingga tubuh menganggapnya sebagai benda asing pada akhirnya dia mendorongnya dengan respon batuk ataupun tersedak.

Nah batuk biasa 80% disebabkan oleh virus, bersifat self limiting disease. Apa itu self limiting disease. Jadi sebenarnya dia dapat sembuh sendiri dalam waktu kurang lebih 1 minggu dengan daya tahan tubuh yang kuat. Sebenarnya batuk itu sendiri tidak mengindikasikan penyakit yang serius,  namun jika batuk berkelanjutan ataupun disertai oleh darah, kamu harus konsultasikan kepada dokter.

Bagaimana cara untuk mengurangi keluhan batuk di rumah ?
Cara mengatasi batuk :
1. Lemon dan Madu
Caranya dengan air hangat yang diberikan satu sendok teh perasan lemon dan satu sendok teh madu lemon. Di sini dia berfungsi sebagai vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sedangkan madu bersifat antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga untuk mencegah infeksi.

2. Jahe
Jadi seperti air rebusan jahe ataupun misalnya Anda mau bikin sup, Anda dapat menambahkan jahe. Jahe itu berfungsi sebagai antioksidan alami dan juga anti peradangan, jadi dapat mencegah infeksi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kebersihan
Seperti mencuci tangan yang bersih dan bagaimana supaya Anda tidak menularkan batuk kepada orang lain. Nah cara agar kita tidak menularkan batuk kepada orang lain adalah dengan etika batuk. Kebanyak orang-orang mungkin belum tahu, karena orang batuk biasanya mereka menutupnya dengan telapak tangan. Tapi telapak tangan ini kan Anda pakai untuk memegang barang, memegang uang, kemudian menjabat tangan orang lain. Sehingga dapat menularkan kepada orang lain. Etika batuk yang benar adalah dengan cara Anda tutup dengan lengan atas, saat Anda batuk.

4. Istirahat yang cukup.
Seperti sudah dijelaskan tadi bahwa self limiting disease yang artinya akan sembuh sendiri dalam waktu kurang dari 1 minggu, jika daya tahan tubuh Anda kuat, maka Anda harus menerapkan tidur yang cukup.

5. Berendamlah air hangat.
Dengan berendam air hangat, dapat melegakan dari tenggorokan Anda itu sendiri.

Nah demikian cara alami untuk Anda mengatasi batuk di rumah, jangan lupa jika batuk berkelanjutan, berkepanjangan, segerakah konsultasikan ke dokter di rumah sakit ataupun klinik terdekat.
Cara Mengobati Batuk Secara Alami Cara Mengobati Batuk Secara Alami Reviewed by Herlan Hamdan on February 21, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.