Kenapa Obat Antibiotik Harus Dihabiskan ?, Ini Alasannya

Artikle Kesehatan - Kenapa antibiotik harus diminum sampai habis ya? Kira-kira penting engga ya untuk minum antibiotik?.

Bagi orang yang pernah sakit, sudah tentu pernah menggunakan obat antibiotik, yang berguna untuk mengembalikan kondisi kesehatan menjadi normal kembali. Antibiotik merupakan kelompok obat yang dapat digunakan untuk mengatasi dan dapat mencegah infeksi dari bakteri atau virus. Obat ini bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan bakteri berkembang biak di dalam tubuh. Nah kali artikel kesehatan akan menjelaskan kenapa antibiotik harus diminum sampai habis. Yuk langsung terus di baca yah...

Kenapa Obat Antibiotik Harus Dihabiskan

Apa itu Antibiotik ?
Antibiotik merupakan obat yang berfungsi untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri pada tubuh. Tetapi tidak semua bakteri yang ada di dalam tubuh harus dimusnahkan, karena di dalam tubuh terdapat bakteri yang baik dan juga bakteri yang jahat. Terdapat triliunan bakteri baik yang hidup di dalam tubuh manusia. Bakteri baik ini sangat penting untuk proses pencernaan, pembentukan vitamin dan juga melindungi tubuh dari serangan bakteri yang jahat. Bakteri jahat inilah yang menyebabkan tubuh kita jadi terinfeksi dan jatuh sakit. Itulah sebabnya kenapa tubuh kita membutuhkan antibiotik. Pada dasarnya infeksi di dalam tubuh membutuhkan kadar dan dosis antibiotik yang berbeda. Itu kenapa pentingnya menghabiskan antibiotik. Tujuan menghabiskan antibiotik ini, untuk mencegah resiko timbulnya efek samping dan juga menimbulkan kekebalan akan antibiotik atau resistensi antibiotik.

Resistensi antibiotik adalah ketika antibiotik tidak dapat lagi bekerja secara maksimal atau tidak dapat memusnahkan bakteri yang ada di dalam tubuh. Secara luas kalau kamu sedang sakit dan mendapatkan obat antibiotik, lalu tiba-tiba menghentikan pengobatan, yang terjadi justru bakteri semakin berkembang didalam tubuh dan menyebabkan bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik.

Jika kamu tidak menghabiskan antibiotik sesuai dengan dosis yang ditentukan, maka kemungkinan hanya sebagian besar bakteri yang dapat dimusnahkan dan sebagian bakteri yang tersisa justru akan menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik. Sehingga menyebabkan infeksi menjadi lebih parah, bahkan dapat menularkan kepada orang lain. Ketika bakteri resisten, maka golongan antibiotik sudah tidak dapat membunuh bakteri tersebut, sehingga dibutuhkan golongan antibiotik yang lebih tinggi lagi.

Bisa dibayangkan kalau kalian kebal terhadap semua golongan antibiotik.

Bentuk antibiotik terdiri dari bermacam-macam, mulai dari kapsul, tablet dan juga cairan infus. Antibiotik ini memiliki golongan sesuai dengan infeksi dan juga lokasi infeksi.

Antibiotik terdiri dari dua jenis golongan yaitu obat paten dan obat generik. Sama seperti obat paten atau obat bermerek, obat generik diproduksi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh badan POM. Jadi secara efektivitas, keamanan dan cara kerja obat generik, sama dengan obat paten. Sebelum resep diberikan oleh dokter, kamu boleh memilih jenis obat apa yang kamu inginkan. Apakah obat paten atau obat generik. Dan kamu tidak perlu khawatir jika dokter meresepkan obat generik. Usahakan untuk mengikuti resep dan dosis yang telah disarankan oleh dokter, sehingga tubuh kita menjadi lebih cepat pulih dan sehat kembali.

Demikian artikel kesehatan mengenai Kenapa Obat Antibiotik Harus Dihabiskan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Kenapa Obat Antibiotik Harus Dihabiskan ?, Ini Alasannya Kenapa Obat Antibiotik Harus Dihabiskan ?, Ini Alasannya Reviewed by Herlan Hamdan on February 28, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.