Tips Menggunakan Softlens Dengan Benar

Artikel Kesehatan - Penggunaan softlens ternyata berbahaya, apabila penggunaannya tidak tepat. Nah, kira-kira apa saja yang menyebabkan softlens itu menjadi berbahaya dan bagaimana solusi menggunakan softlens ?. Yuk terus baca yah...

Tips Menggunakan Softlens Dengan Benar

Apakah Memakai Softlens itu Aman ?
Softlens atau kontak lensa, biasanya alat ini digunakan sebagai pengganti kacamata. Softlens sebagai pengganti kacamata, sangatlah aman digunakan. Namun kita juga harus perlu hati-hati dalam menggunakan softlens,karena softlens itu invasif, karena sangat dekat dengan mata kita.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum menggunakan softlens.
1. Apakah kamu Punya Alergi atau Tidak ?
Jangan sampai untuk fashion, biar kelihatan keren atau tidak menggunkan kacamata, namun dapat mengakibatkan hal fatal terhadap diri sendiri. Misalnya timbul alergi. Apa sih alergi menggunakan softlens itu ?. Yang pertama gatal, kemudian muncul kemerahan pada mata dan timbul rasa nyeri. Gatal, kemerahan dan nyeri ini paling sensitif, sering terjadi dan dirasakan pertama-tama saat menggunakan softlens.
2. Tidak boleh menggunakan softlens saat tidur.
Kenapa tidak boleh ?. Softlens atau dalam bahasa kedokteran disebut corpus alienum. Corpus alienum adalah benda asing yang masuk di dalam tubuh kita. Jadi tubuh kita ada reaksi-reaksi alergi respon imun terhadap soflens yang kita gunakan, dan berusaha mengenal, apakah barang asing ini aman atau tidak. Kalau tidak aman, biasanya akan terjadi respon dari makrofag, leukosit, sehingga akan menyebabkan terjadinya mata kamu merah, nyeri dan akan menjadi sensitif.

Bagaimana Cara Memilih Softlens Yang Baik Dan Aman Untuk Kita ?
1. Tidak ada reaksi alergi
Karena setiap merk atau brand softlens itu berbeda-beda, baik itu bahan ataupun teksturnya. Jadinya akan terjadi reaksi di tubuh yang berbeda juga.
2. Tidak ada reaksi nyeri saat menggunakan Softlens
3. Tidak ada Fotophobic
Fotophobic adalah kamu merasa silau kalau ada sinar setelah menggunakan softlens tersebut.
Jika ketiga hal tersebut, seperti tidak ada alergi, nyeri adau fotophobic saat menggunakan softlens, berarti softlens tersebut aman.Yang penting tata cara penggunaan softlens dipatuhi.

Apa Saja Sih Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memakai Softlens ?
1. Aturan Pakai
Setiap softflens berbeda-beda aturan pakainya, itu harus dilihat dan diperhatikan dengan benar.
2. Pahami diri sendiri
Apakah kita punya riwayat alergi atau tidak. Nah kalau kita punya penyakit alergi dan tetap ingin menggunakan soflens, maka kita harus mempersiapkan obat alergi di rumah. Misalnya Loratadine dan CTM.
3. Kenyamanan menggunakan softlens itu sendiri.
Apakah saat menggunakan softlens tersebut kita nyaman atau tidak.

Apa Tips Agar Tetap Aman Memakai Softlens ?
1. Cara penggunaan softlens
Cara penggunaan softlens harus diperhatikan dengan benar.
2. Rajin Membersihkan Softlens
Jadi misalnya tidak digunakan, dicabut, masukkan ke kotak softlens, lalu diteteskan airnya.
3. Jangan menggunakan softlens saat tidur.

Demikian tips menggunakan Tips Menggunakan Softlens Dengan Benar, semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda.
Tips Menggunakan Softlens Dengan Benar Tips Menggunakan Softlens Dengan Benar Reviewed by Herlan Hamdan on February 28, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.