7 Cara Cepat dan Alami Menyembuhkan Mata Merah

Artikel Kesehatan - Terkena atau mengalami sakit mata, tentunya berjuta rasanya. Sakit mata dapat terjadi, apabila terjadi infeksi di selaput mata kita. Pada bagian luar mata mengalami kontak dengan benda-benda disekitar kita, contohnya asap rokok, debu, polusi ataupun polusi kendaraan. Selain itu beberapa ahli mengatakan bahwa, sakit mata juga bisa menular melalui media yang disentuh oleh penderita. Jangan sampai karena tidak ada obat tetes mata, kamu mengucap mata yang teriritasi. Bukannya akan sembuh, hal ini malah akan membuat mata merah dan bengkak semakin parah. Selain itu orang yang kemudian memegang media yang terinfeksi, akan bisa tertular penyakit mata. Sebelum mata merah terjadi menjadi lebih parah, berikut 7 Cara Cepat dan Alami Menyembuhkan Mata Merah :

7 Cara Cepat dan Alami Menyembuhkan Mata Merah

1. Kompres dingin.
Ketika kelopak mata mulai rasa gatal dan membengkak, sudah pasti ada yang salah pada mata anda. Untuk mencegah mata merah dan gatal segeralah berikan handuk dingin atau makanan beku di dalam freezer untuk mengompres mata. Cara ini juga dipercaya bisa mencegah kuman penyebab sakit mata berkembangbiak.

2. Jangan menggosok mata
Mata merah terjadi karena iritasi disertai dengan gosokan pada indra penglihatan. Untuk itu jauhi tangan dari mata, ketika mulai terasa gatal atau tidak nyaman. Sengsasinya mungkin mengasyikkan, tetapi dampaknya bisa makin memperparah kondisi mata yang terinfeksi.

3. Cuci tangan
Bisa jadi mata jadi terasa gatal gara-gara tangan yang kotor, karena terkena debu serta polusi kendaraan. Supaya mata merah dan gatal tidak makin parah, cucilah tangan dengan sabun dan bilas dengan bersih.

4. Kentang dingin
Punya simpanan kentang dingin di dalam kulkas, segeralah ambil dan belah menjadi 2 bagian, kemudian tempelkan irisan kentang tersebut pada mata. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat mata kembali rileks, sekaligus menghilangkan gatal-gatal akibat mata merah.

5. Menggunakan obat tetes mata
Bila sedang dalam perjalanan, segeralah menepi kendaraan Anda ke Apotek terdekat, untuk mendapatkan braito original. Dengan zat aktif tetrahydrozoline HCl dan benzalkonium chloride, braito ini akan mampu meredakan mata yang merah akibat debu, kotoran dan asap kendaraan dengan cepat dan tepat. Cukup satu sampai dua tetes saja, sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari pada kedua mata Anda, agar iritasi mata merah dan gatal bisa diatasi dengan cepat.

mata merah dan gatal

6. Cuci mata
Begitu mata merasakan gangguan atau terasa gatal, cucilah dengan air bersih agar debu dan kotoran terbilas dengan bersih

7. Mentimun dingin
Penggunaan mentimun merupakan cara tradisional dan tentu saja murah meriah, untuk menyembuhkan sakit mata. Cara menggunakan mentimun adalah dengan menempelkan mentimun dingin pada kelopak mata. Karena semakin dingin mentimunnya, maka semakin asyik pula proses penyembuhannya. Selain itu penyembuhan dengan mentimun dingin, juga akan melepaskan zat anti iritasi supaya mata tidak sampai bengkak.

mata merah dan bengkak

Demikian artikel kesehatan yang membahas mengenai 7 Cara Cepat dan Alami Menyembuhkan Mata Merah, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.
7 Cara Cepat dan Alami Menyembuhkan Mata Merah 7 Cara Cepat dan Alami Menyembuhkan Mata Merah Reviewed by Herlan Hamdan on March 16, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.