Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

Apakah Anda pernah mengalami, mata Anda tiba-tiba menjadi merah dan juga iritasi ?. Tentunya, mata merah tidak terjadi secara kebetulan belaka, perlunya Anda ketahui, bahwa mata yang merah banyak penyebabnya. Supaya Anda dapat terhindar dari mata merah, silahkan lanjut membaca artkel kesehatan, yang akan membahas tentang penyebab mata merah dan cara mengatasinya.

mata merah adalah

Apa Saja Penyebab Mata Menjadi Merah ?
Penyebab mata merah adalah sebetulnya banyak penyebabnya, salah satunya karena infeksi virus atau bakteri, yang disebabkan oleh debu di sekitar kita. Mata merah dapat disebabkan karena sudah ditularkan dari orang lain yang terkena sakit mata, jadi kita perlu menjaga diri, kalau ada orang lain yang sakit mata di sekitar kita. Mata merah juga disebabkan karena Subkonjunctiva Bleeding,  Subkonjunctiva Bleeding adalah perdarahan di bawah jaringan mata, disebabkan karena bersin terlalu kuat, batuk terlalu kuat, atau terkena trauma atau pukulan di daerah mata.

Apa Benar Pemakaian softlens Yang Lama, Dapat Membuat Mata Iritasi dan Menjadi Merah ?
Pemakaian softlens yang lama adalah salah satu penyebab mata merah dan iritasi. Saat kita memakai softlens, kornea atau lapisan di mata itu kurang mendapatkan oksigen, sehingga mata menjadi merah karena pembuluh darah di mata membengkak.

Adakah Alergi Yang Membuat Mata Menjadi Merah ?
Biasanya pasien datang dengan keluhan mata yang gatal, untuk mata merah itu hanya akibat dari mata yang gatal. Tetapi tidak menutup kemungkinan, pasien alergi dengan kondisi matanya merah berair dan juga gatal.

mata merah dan gatal

Bagaimana Penanganan Pertama Jika Mata Merah ?
Untuk penanganan pertama kalau mata merah, tergantung dari penyebab mata merah tersebut. Kalau penyebab mata merah karena bersin yang terlalu kuat, batuk terlalu kuat atau juga disebabkan karena Subkonjunctiva Bleeding, sebetulnya mata kita itu dapat sembuh dengan sendirinya, tidak perlu diberi obat juga akan sembuh sendirinya. Tetapi kalau  penyebab mata merah karena mata kering, dengan gejala mata perih dan mata merah, dapat diobati dengan tetes mata, seperti obat mata yang mengandung artificial tears atau air mata buatan.

Ada beberapa obat tetes mata, yang mengandung air mata buatan atau disebut dengan artificial tears. Artificial Tears adalah campuran dari sodium chloride dan potassium chloride yang menyerupai kandungan seperti air mata manusia. Contohnya obat mata Braito Tears, Refresh Tears Lubricants Eye Drops, Cendo Lyteers, Santen Hialid Ophthalmic Solution, Combiphar Insto Dry Eyes, Cendo Hyalub, Visine Tears, Kalbe Matafres, Cendo ProtagentA Minidose, dan Kalbe Navitae, yang dapat anda beli di apotek. Kalau penyebab mata merah karena alergi atau bakteri, dapat diberikan salep mata atau tetes mata antibiotik. Untuk mata merah karena alergi, kita dapat berikan tetes mata atau salep mata yang mengandung antihistamin. Dan kalau misalkan gatal di mata belum berkurang, kita bisa minum obat anti alergi yaitu Cetirizine atau Loratadine yang dapat kita beli di apotek.

Apa Yang Harus Dilakukan jika Penanganan pertama tidak berhasil membuat mata menjadi normal kembali ?
Jika penanganan pertama tersebut tidak berhasil, apalagi lebih dari 3 hari, mata masih merah, gatal ataupun perih, kita wajib untuk konsultasi ke dokter mata. Dokter mata akan memeriksa mata bukan secara kasat mata atau bukan secara superfisial, tapi dengan alat. Jadi kemungkinan ada kelainan di belakang bola mata kita yang dapat dilihat dengan alat di dokter mata. Apalagi dengan penggunaan tetes mata antibiotik atau posterior atau semacamnya, yang tidak boleh lebih digunakan lebih dari 3 hari tanpa resep dokter.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

Apa penanganan yang tepat jika mata terasa gatal ? Apakah baik jika dikucek ?
Saat mata merah dan gatal, kita otomatis mengucek, sementara kita tidak tahu, ada kuman di tangan kita, jadi tidak dianjurkan mengucek mata saat mata terasa gatal. Sebaiknya untuk mengurangi rasa gatal, dapat di kompres ataupun dicuci dengan shampo bayi, karena tidak membuat iritasi pada mata. Kemudian kalau misalkan masih gatal, kita bisa memberikan tetes mata yang mengandung antihistamin untuk mengurangi rasa gatal itu sendiri.

Bagaimana Solusi agar mata tidak merah atau iritasi ?
Solusi mata tidak merah atau iritasi, kembali lagi dari penyebab mata merah dan iritasi. Kalau misalkan mata kering atau dry eye, itu kita bisa berikan artificial tears atau air mata buatan. Artificial tears atau air mata buatan kita tetesi ke mata, 4 kali sampai 6 kali perhari. Jika kita ingin keluar rumah, kita bisa gunakan kaca mata, agar terhindar dari debu atau kotoran. Kalau infeksi mata karena virus atau bakteri, sebaiknya anda berobat ke dokter, agar supaya bisa diperiksa dan diberi obat seperti tetes mata atau salep mata yang mengandung antibiotik ataupun steroid. Kemudian yang tidak kalah penting dan yang sering dikeluhkan adalah pemakaian softlens. Jadi kalau mata sudah iritasi dan merah, sebaiknya dilepas softlens dilepas dahulu. Biasa softlens dilepas minimal 3 hari, namun apabila harus menggunakan softlens, sebaiknya diberikan tetes mata. ada obat mata yang khusus untuk pengguna softlens.


Demikian artkel kesehatan mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah Reviewed by Herlan Hamdan on March 13, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.