Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Kali ini Artikel Kesehatan akan membahas mengenai apa sih manfaat jahe untuk kesehatan kita. Baca terus yah...

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Apa Sajakah Manfaat dari Jahe, Untuk Kesehatan Tubuh Anda ?
Jahe adalah suatu jenis umbi-umbian, yang biasa digunakan untuk bahan makanan, misalnya untuk menambah rasa pedas pada makanan. Adanya rasa pedas di dalam jahe ini karena jahe mengandung senyawa keton. Selain sebagai bahan makanan, jahe juga digunakan sebagai bahan dasar obat. Zaman dahulu, jahe, temulawak dan sejenis umbi-umbian lainnya dipercaya dapat mengobati rasa nyeri di lambung, obat usus, sakit kepala ataupun luka di kaki. Salah satu dampak positif dari jahe itu bisa mengurangi morning sickness, bisa mengurangi mual muntah, dan juga bisa mengobati rasa nyeri dan pusing.

Apakah Jahe Dapat Mencegah Kanker ?


Jahe Dapat Mencegah Kanker


Banyak literatur dan pendapat orang-orang yang mengatakan bahwa jahe dapat mengobati kanker. Apakah ini betul apa tidak ?. Orang-orang mempercayai bahwa temulawak, kacang-kacangan, umbi-umbian seperti jahe dapat mengurangi atau mengkompresi jumlah sel-sel kanker dalam tubuh. Namun hal tersebut masih dalam tahap paradigma atau non medis. Tidak ada penelitian dari pihak kedokteran yang mengatakan bahwa jahe dapat mengobati sel kanker. Jadi jahe dan semacamnya hanya dalam kategori helbal saja dan herbal ini dalam segi medis, belum dapat dipastikan khasiatnya bagi kesehatan. Nah untuk itu, kalau kita ingin memastikan bahwa sel kanker kita itu tidak ada atau berkurang, haruslah dicek ke dokter.

Apakah Mengkomsumsi Jahe Tiap Hari Itu Tidak Masalah ?
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi jahe, jahe dikomsumsi sesuai dengan takaran atau penggunaannya. Nah untuk komsumsi jahe perhari, biasanya 200 sampai 500 mg saja, hal ini masih aman untuk lambung kita. Tapi apabila mengkomsumsi jahe berlebihan, akan mengakibatkan iritasi lambung, dan juga kulit kita dapat melepuh jika diolesi dengan jahe secara berlebihan, karena jahe itu sifatnya panas. Jadi sama dengan penggunaan obat yang berlebihan, tentunya akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Bahaya atau tidaknya jahe ini, kita harus segera konsultasikan dengan Dokter.

Benarkah Jahe Dapat Mengurangi Nyeri Menstruasi ?


Jahe Dapat Mengurangi Nyeri Menstruasi


Jahe memiliki kandungan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NAID) yang memiliki kandungan yang sama dengan obat Paracetamol, Ibuprofen dan Asam Mefenamat. Jadi kandungan jahe yang dapat mengurangi rasa nyeri ini bersifat general. Apabila jahe dikatakan dapat mengurangi nyeri menstruasi, tentu bisa. Namun kembali lagi ke orang yang mengkomsumsi jahe, karena efek yang diterima itu berbeda-beda. Ini tergantung penyakit dan skala efek atau respon nyeri orang itu berbeda-beda.

Benarkah Jahe Dapat Mengencerkan Darah Dalam Tubuh ?


Jahe Dapat Mengencerkan Darah Dalam Tubuh


Dari segi medis, manfaat jahe untuk pengenceran darah pada penyakit seperti stroke, hipertensi cardiovascular disease, itu belum Jadi memang jahe ini masih butuh studi lebih lanjut penelitian lebih lanjut, dari segi kedokteran  atau tim medis kesehatan, memang belum ada penelitian mengenai manfaat jahe yang dapat mengencerkan darah.

Demikian artikel kesehatan mengenai manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita, semoga dapat menjadi informasi bermanfaat bagi kesehatan Anda.
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Kita Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Kita Reviewed by Herlan Hamdan on March 04, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.