Ketika Kita Berhenti Merokok, Apa Yang Terjadi ?

Artikel Kesehatan - Pernah Anda berfikir. Apa yang terjadi di tubuh kita, saat kita berhenti merokok dan sebenarnya apa resiko-resiko saat berhenti merokok. Penasaran ?. Baca seterusnya yah...

Ketika Kita Berhenti Merokok, Apa Yang Terjadi ?

Ancaman mengenai meningkatnya penyakit paru-paru, kanker, penyakit jantung dan diabetes terus meningkat. Namun apa yang terjadi dalam tubuh kita, saat kita berhenti merokok ?.

1. Fase 20 menit setelah berhenti merokok
Efeknya bisa terlihat di menit-menit awal, apalagi 20 menit awal, jantung itu mulai kembali ke irama normalnya. Mulai terjadi penurunan tensi darah dan mulai terjadi regulasi yang baik bagi jantung kita.

2. Fase 2 jam setelah berhenti merokok
2 jam setelah berhenti merokok, apa yang terjadi ?. Ujung jari kaki dan jari tangan akan terasa hangat, karena sirkulasi darah perifer telah kembali normal. Namun di sini adalah fase-fase genting atau bahaya, karena akan muncul fase sakau atau fase kecanduan, seperti rasa kecemasan rasa ketergantungan, rasa keinginan untuk mengambil rokok dan bakar membakar rokok.

3. Fase 12 setelah berhenti merokok
12 jam pasca merokok terakhir, apalagi yang terjadi ?. Saat merokok itu kita menghisap karbon monoksida. pada waktu 12 jam setelah terakhir merokok, adalah karbon monoksida dalam tubuh kita mulai terurai dan digantikan oleh oksigen.

4. Fase 24 jam pasca merokok
24 jam setelah berhenti merokok, paru-paru anda mulai meluruhkan cairan-cairan lendir yang menghalangi jalan nafas di paru-paru, sehingga kita mulai bisa bernafas lebih baik dibanding saat kita merokok. Paru-paru ini sudah mulai mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh, paru-paru sudah bisa menurunkan sekitar 20% dari resiko penyakit jantung.

5. Fase 48 jam pasca merokok
Saat kita merokok pun terjadi penumpulan indra-indra dalam tubuh kita, salah satunya adalah indra penciuman. 48 jam pasca merokok terakhir, bisa membantu merestore atau memperbaiki panca indra penciuman kita. Panca indra penciuman akan kembali normal dan berfungsi sebagaimana layaknya dan lebih baik.

6. Fase 5 sampai 12 minggu pasca merokok
Ini yang penting dari 5 sampai 12 minggu fase berhenti merokok, pernafasan, aktivitas tubuh, akan kembali menjadi normal. Kita bisa berolahraga kembali, sesak nafas menjadi hilamf dan yang paling penting kecanduan atau sakau pada nikotin berangsur-angsur akan mulai menurun.

7. Fase 5 sampai 9 bulan pasca merokokFase kecanduan atau sakau pada rokok akan menurun drastis, tubuh kita bisa kembali lebih sehat dari sebelumnya. Jadi yang tadinya sesak nafas, batuk-batuk lalu serak itu, akan mulai membaik atau teistall kembali.

8. Fase 1 tahun pasca merokok
Seperti kita ketahui karbon-karbon dan senyawa-senyawa yang ada dalam kandungan rokok, sehingga dapat merusak dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan anti plak dalam pembuluh darah. Hal ini yang bisa nanti terjadi stroke dan sakit jantung. Jadi 1 tahun merupakan fase yang fenomenal saat berhenti merokok, akan terjadi perbaikan pada pembuluh darah. Jadi pembuluh darah sudah mulai memperbaiki dirinya dan sudah mulai normal.

9. Fase 3 sampai 5 pasca merokok
3 sampai 5 tahun ini adalah fase yang paling baik, saat kita semua berhenti merokok dan tidak merokok lagi. Bisa dikatakan setelah orang yang 3 tahun terlepas dari rokok adalah bukan perokok atau mantan perokok. Pada studi menunjukkan 50% resiko sakit jantung, kanker paru-paru dan penyakit lainnya, akan menurun drastis.

Demikian artikel kesehatan mengenai dampak kita berhenti merokok, yang dimulai dari menit sampai tahunan berhenti merokok, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita yah.
Ketika Kita Berhenti Merokok, Apa Yang Terjadi ? Ketika Kita Berhenti Merokok, Apa Yang Terjadi ? Reviewed by Herlan Hamdan on March 03, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.