Laman

Menjaga Kesehatan dengan Berolahraga

Menjaga kesehatan dengan berolahraga. Berbagai pekerjaan di tempat kerja yang padat membuat Anda sibuk, sehingga waktu Anda berkurang untuk melakukan olahraga.  Kesibukan ditempat kerja, mulai pagi hingga malam, membuat Anda letih, sampai dirumah langsung istirahat, hal tersebut banyak terjadi sekarang ini, sehingga banyak yang tidak mengetahui arti pentingnya olahraga.

Padahal olahraga adalah salah satu kegiatan yang seharusnya rutin dilakukan, agar tubuh jauh dari penyakit, ataupun hal-hal negatif lainnya. Olahraga tak hanya baik untuk fisik, namun juga untuk psikis.

Anda pasti pernah mendengar istilah “Mensana in corporesano” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah itu bukan sekedar ucapan belaka, memang benar adanya jika anda memiliki tubuh yang sehat anda pasti memiliki jiwa yang lebih tenang dan fikiran yang lebih fokus karena tak ada masalah di dalam tubuh.

Coba bandingkan dengan orang yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, pasti tubuhnya sering lemas, terlihat tidak fresh, dan cepat stress. Bagaimana anda bisa mendapatkan hari yang menyenangkan jika jiwa dan raga anda tidak sehat? Mari kita ulas sepenting apakah olahraga untuk kesehatan tubuh kita! Manfaat olahraga untuk kesehatan

Beberapa Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan :

1. Membuat Kulit Lebih Sehat 
Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh yang harus dijaga kesehatan dan kelembabannya. Sebab jika tidak dirawat dengan baik kulit anda akan terlihat kusam, kering, dan bahkan bisa terserang penyakit.
Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan olahraga. Kulit membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan terjaga kekencangan serta kelembabannya, olahraga akan meningkatkan denyut jantung sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu nutrisi akan tersalurkan dengan baik ke sel-sel kulit.
Selain itu olahraga bisa mengurangi jerawat yang ada pada wajah dan tubuh anda. Jerawat biasanya timbul dikarnakan faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor internal yang bisa memicu tumbuhnya jerawat adalah stress. Dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih rileks dan terhindar dari stress karena olahraga dapat meningkatkan produksi Endorfin. Apa itu Endorfin? Endorfin adalah senyawa kimia yang terdapat di dalam otak yang berfungsi untuk rileksasi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung 
Penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan nomor 1 di dunia, maka dari itu wajib hukumnya menjaga kesehatan jantung. Olahraga adalah cara meminimalkan resiko terkena serangan jantung, tapi ingat lakukan ini dengan rutin untuk melatih jantung agar tidak cepat lelah. Pada kasus lain, tubuh yang terlalu gemuk mungkin membuat anda berfikiran untuk melakukan diet. Tubuh yang beratnya melebihi dari standar berat badan ideal memang tidak baik untuk kesehatan jantung. Untuk mengurangi berat badan maka harus mengurangi bobot lemak yang ada di dalam tubuh.
Olahraga membuat kadar lemak di dalam tubuh berkurang, jelas ini sangat baik untuk jantung anda karena seperti yang kita ketahui bahwa lemak yang berlebihan akan memicu timbulnya penyakit jantung. Dengan Berolahraga sirkulasi darah pasti akan lebih lancar dan ini akan membuat aliran darah menjadi lebih banyak dan cepat. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat membuat pembuluh darah pada jantung atau otak tersumbat.

3. Baik Untuk Tulang Dan Sendi 
Anda pasti pernah mendengar istilah Osteoporosis, yaitu kerapuhan yang dialami tulang. Orang yang aktif melakukan olahraga memiliki tulang yang lebih padat dan kuat dibanding yang jarang berolahraga, itu mengapa olahraga sangat baik untuk mencegah Osteoporosis. Agar tidak mengalami kerapuhan pada tulang, anda harus mencegahnya sejak dini atau anda akan menyesal di masa tua nanti. Jarang berolahraga juga membuat sendi menjadi kaku dan lemah. Hal ini dikarnakan melemahnya otot dan tendon. Jika keduanya melemah, maka akan mengganggu pergerakan sendi.

4. Dapat Meningkatkan Konsentrasi 
Lancarnya sirkulasi darah ke otak yang disebabkan oleh olahraga berdampak pada kinerja otak dan tingkat konsentrasi. Anda akan memiliki konsentrasi yang baik jika anda mencoba untuk rutin berolahraga. Jika tingkat konsentrasi anda tinggi pastinya ini akan memudahkan anda dalam mengerjakan segala sesuatu.

Dari ulasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa banyak sekali manfaat dari olahraga.

Semoga dari Beberapa Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan yang telah dijabarkan di atas dapat menggugah anda untuk rajin berolahraga agar hidup anda menjadi lebih sehat, bugar, dan menyenangkan.

Resep Alami Untuk Sakit Gigi

Pendidikan Kesehatan Gigi. Di antara penyakit ringan hingga berat, sakit gigi adalah yang paling menjengkelkan bagi kita. Betapa tidak, Anda jadi sulit menikmati makanan yang ada di dalam mulut Anda. Sedikit saja si gigi yang sedang sakit itu tersentuh, rasanya bagaikan dijatuhi beban puluhan ton.

Untuk langkah cepat dan hemat waktu, beberapa obat pereda rasa sakit mungkin menurut Anda akan banyak membantu. Padahal fakta mengatakan bahwa jenis obat tersebut akan memunculkan kekebalan tersendiri pada tubuh. Dan akhirnya malah ketika rasa sakit itu datang, Anda kecanduan untuk mengonsumsi obat kimia tersebut. Ya tentu saja itu tidak baik untuk kesehatan gigi Anda.

Kembali ke alam dan nikmati perawatan secara alami oleh beberapa bahan alami yang mudah Anda temui bahkan di dapur Anda. Hmm...apa saja sih obat-obat mujarab tersebut ?

1. Massage es balok
Es balok siap membantu meringankan sakit gigi Anda. Ah yang benar? bagaimana bisa hilang jika dinginnya saja membuat Anda ngilu? Ikuti triknya di sini, ambil sepotong kecil es balik dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan?

Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 - 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada pereda sakit kan?

2. Bawang Putih
Potong halus si bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

3. Bawang Merah
Tak hanya si bawang putih, namun bawang merah juga mampu meringankan rasa sakit gigi Anda. Selain itu, kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut.

4. Jeruk Nipis
Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

5. Minyak Cengkeh
Anda mungkin tahu bahwa cengkeh adalah salah satu komposisi penyusun rokok. Namun berbeda dengan cengkeh tersebut, sari minyak cengkeh sangat manjur untuk menyelamatkan gigi Anda dari serangan rasa ngilu. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh pada gigi Anda dengan bantuan kapas.

6. Garam
Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi garam secara langsung, bukan karena efek samping, namun rasanya tentu sangat asin bukan? Namun di balik rasa asin ini, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi. Caranya mudah, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash. Berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi.

Resep-resep jitu tersebut memang sangat sederhana, namun jangan pernah meremehkan khasiatnya dalam menangani sakit gigi. Dalam beberapa langkah sederhana saja, obat-obatan alami tersebut mengusir rasa sakit tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Maka itulah jagalah kesehatan gigi dan mulut Anda
Sumber : molto

Senyum Cemerlang dengan gigi yang sehat

Pendidikan Kesehatan Gigi. Kebanyakan orang hanya mementingkan gigi, karena tampilan senyum sangat bergantung pada warna dan bentuknya. Ini pula yang kemudian bikin orang lupa kalau masih ada gusi yang menjadi bagian penting dari mulut yang seharusnya dijaga pula kesehatannya.

Nah, selain menyikat gigi secara teratur, ternyata ada banyak cara untuk menjaga kesehatan gusi. Seperti yang dilansir besthealthmag.ca, berikut cara merawatnya :

1. Dessert buah apel, seledri, wortel dan jagung Buah dan sayur yang disebut di atas ternyata memiliki fungsi untuk membersihkan gigi. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyikat gigi setiap selesai makan, sebaiknya Anda selalu siap sedia makanan-makanan di atas sebagai bekal. Ingat, seledri dan wortelnya tidak perlu dimasak, ya.

2. Minum teh satu cangkir setiap hari Kandungan fluoride yang tinggi pada teh, akan mencegah sisa makanan untuk berkembang menjadi plak yang akhirnya menjadi karang gigi.

3. Ganti sikat gigi secara berkala Meskipun setiap hari dipakai dan dibersihkan, yang namanya sikat gigi tetaplah tempat bakteri mulut Anda berkumpul. Jadi, ganti sikat gigi paling tidak 3 bulan sekali. Selain itu, bulu sikat gigi yang sudah lama seringnya melebar sehingga tidak efektif lagi membersihkan gigi dan gusi.

4. Pilih alcohol-free mouthwash Adanya kandungan alkohol dalam mouthwash dimaksudkan untuk memberi rasa kesat dan bersih pada mulut. Meksipun nyatanya justru bikin mulut kering dan menjadikan tempat bersarangnya bakteri.

5. Kurangi konsumsi gula Makanan bergula berpotensi meninggalkan plak pada gigi Anda. Sifat asam yang ada pada gula juga bisa menjadikan nafas bau tak sedap. Apalagi minuman bersoda bisa merusak enamel gigi, lho.

Demikian tips senyum cemerlang dengan gigi yang sehat, semoga dapat bermanfaat

Tips untuk Gigi yang Sensitif

Pendidikan Kesehatan Gigi. Gigi sensitif mungkin salah satu penyebab Anda tidak dapat menikmati ice cream dengan tenang. Bukan itu saja, bahkan minuman hangat pun membuat gigi juga ngilu. Wah serba salah dong, jadi harus bagaimana ?

Mengunjungi dokter adalah pilihan utama, karena Anda akan mendapatkan perawatan spesial dengan bantuan dokter gigi yang sudah ahli. Namun ada beberapa cara praktis yang bisa Anda coba di rumah, meminimalisir rasa sakit pada gigi sensitif dan perlahan membantu gigi agar lebih kuat. Yah setidaknya ini akan membantu Anda lebih nyaman sebelum pergi berkonsultasi ke dokter gigi.

1. Ganti pasta gigi Anda
Faktor utama yang paling penting adalah pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang memang dibuat untuk gigi sensitif, perlindungannya akan lebih maksimal ketimbang pasta gigi biasa. Lupakan memilih pasta gigi biasa, ini tidak akan membantu Anda, jika salah pilih pasta gigi gusi akan berdarah dan rasa ngilu tidak akan pernah hilang.

2. Gunakan sikat gigi khusus
Untuk gigi sensitif, Anda harus memilih sikat gigi dengan bulu lembut. Gigi sensitif ibarat sesuatu yang sangat rapuh dan harus dibelai dengan lembut agar ia tidak rusak. Selain itu Anda juga harus menyikat gigi dengan lembut, tidak kasar, ikuti cara menyikat gigi yang telah disarankan para dokter.

3. Mouthwash
Bukan sekedar penyegar mulut saja yang akan membantu menjaga kesehatan gigi sensitif Anda, tetapi mouthwash yang benar-benar aktif dengan bahan-bahan alami pengusir kuman-kuman di mulut. Mouthwash selain membantu menghilangkan bau mulut, juga mampu mencegah timbulnya kerak di gigi (yang semakin membuat gigi sensitif terasa ngilu).

4. Gantikan permen karet Anda
Mungkin Anda sangat nyaman mengunyah permen karet sambil melakukan aktivitas harian Anda. Tahukah Anda, kebiasaan mengunyah permen karet ini ternyata mempengaruhi kekuatan gigi. Penipisan dinding gigi dan gigi sensitif adalah akibat dari kebiasaan mengunyah permen karet (selain merokok yang juga memicu gigi sensitif). Jika memang Anda adalah pecinta permen, lebih baik Anda memilih permen yang teksturnya keras. Memang tidak bisa dikunyah, namun ini akan mencegah kondisi gigi menjadi lebih sensitif.

Demikian Tips untuk gigi yang sensitif, semoga dapat bermanfaat.

Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Plak Gigi

Pendidikan Kesehatan Gigi. Anda memiliki plak di gigi ?, harus waspada nih. Sebenarnya itu bukanlah karang, melainkan bakteri dan kotoran, yang kemudian menempel dan hidup di dalam rongga mulut. Awalnya plak ini berwarna kuning, baru setelah didiamkan semakin lama ia akan mengeras dan menghitam seperti batu karang yang membentuk tartar atau gugusan karang, sehingga lebih sulit lagi untuk dibersihkan, tak bisa hanya sekedar dengan menggosok gigi saja.

Lalu, sebenarnya apa yang membuat plak ini betah tinggal di dalam mulut dan menempel di gigi? Anda mungkin tak pernah menyadarinya, namun beberapa kebiasaaan buruk yang dilakukan ternyata membawa efek negatif bagi si gigi. Untuk itu, ubahlah kebiasaan buruk di bawah ini agar terhindar dari plak gigi Anda :

1. Malas menggosok gigi secara teratur
Memang tak semua orang menyadari Anda telah menggosok gigi atau belum, kecuali begitu tercium bau nafas yang kurang sedap. Tapi si gigi tahu kapan serangan plak akan muncul, yaitu saat Anda mulai malas menggosok gigi. Hanya dengan kegiatan rutin yang dilakukan minimal dua kali sehari tersebut, setidaknya plak tidak akan betah tinggal di gigi.

2. Menyepelekan pentingnya berkumur dengan mouthwash
Rasanya memang pedas dan terlalu menyengat, namun justru itulah yang membuat plak di sela-sela gigi tak lagi tinggal. Untuk itu setelah menggosok gigi, sebaiknya Anda berkumur kurang lebih 2-3 menit dengan mouthwash. Selain memiliki nafas segar, semua kotoran yang tak terjangkau oleh bulu sikat gigi akan dikeluarkan dan gigi pun tetap bersih dan sehat.

3. Jarang pergi ke dokter gigi
Anda tentu ingat pesan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya 6-12 bulan sekali. Yah, karena alasan kesibukan atau mungkin takut, kegiatan wajib ini Anda hindari dan perlahan dilupakan. Dianggap sebagai kegiatan sepele dan nggak penting, sebenarnya memeriksakan diri ke dokter gigi akan memberikan manfaat lebih buat kita. Khususnya bagi yang memiliki gigi sensitif, Anda tak seharusnya mengabaikan kegiatan ini. Coba untuk konsultasikan dengan dokter gigi, dan jangan malu bertanya pada ahlinya.

4. Tak tahan dengan manisnya cokelat dan permen
Cokelat dan permen memang makanan manis yang tak mampu ditolak oleh para wanita. Tapi justru terlalu sering menikmati cokelat dan permen ini sama halnya dengan memberi makan pada bakteri-bakteri di mulut agar mereka lebih gemuk. Apalagi ketika Anda tidak menggosok gigi lalu melanjutkan kegiatan dengan tidur, bagaikan mendapatkan pesta, para bakteri akan betah tinggal di dalam mulut.

5. Melupakan buah-buahan dan sayuran
Buah dan sayur adalah makanan yang kaya akan vitamin. Namun selain nutrisi yang terkandung, teksturnya yang kasar sekaligus berfungsi sebagai sikat gigi alami yang bisa dimakan dan dinikmati kelezatannya oleh lidah.

Tips menjaga kesehatan gigi : Selalu menggosok gigi minimal dua kali sehari dan akhiri dengan mouthwash supaya kotoran dan bakteri di mulut tak betah tinggal di dalam sana.

Tanda penting kesehatan gigi dan mulut

Pendidikan Kesehatan Gigi. Gigi dapat menjadi tanda kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Selain itu gigi yang kuat juga dapat membantu Anda untuk mengonsumsi makanan dengan baik yang akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Gigi busuk, gusi berdarah, dan karang gigi adalah tanda-tanda dari kesehatan gigi dan mulut yang tidak maksimal.

Apakah Anda mempunyai kesehatan gigi dan mulut yang baik? Cek kesehatan gigi dan mulut Anda dengan indikator berikut :

Dapat mengunyah dengan baik
Jika Anda dapat mengunyah dengan baik, maka itu menandakan gigi Anda kuat. Selain itu ketika Anda tidak merasakan ngilu saat mengonsumsi makanan yang dingin, hal itu juga menandakan bahwa gigi Anda bukanlah gigi sensitif.

Gusi merah muda
Warna gusi yang merah muda menunjukkan bahwa ada aliran darah yang cukup di gusi Anda. Gusi yang sehat juga bermanfaat untuk menahan gigi agar tetap di tempatnya. Oleh karena itu Anda juga harus berhari-hati terhadap setiap pendarahan yang terjadi di gusi Anda.

Gigi putih
Gigi yang putih tidak hanya membuat senyuman Anda terlihat indah dan menawan. Namun gigi putih juga menandakan bahwa tidak ada lapisan kotoran yang menempel di gigi Anda. Untuk mendapatkan gigi yang putih, Anda harus menyikat gigi secara rutin setidaknya 2 kali sehari.

Tidak ada gigi berlubang
Lubang yang terletak di gigi dapat merusak kesehatan gigi Anda. Sebab lubang tersebut menjadi tempat kuman bersembunyi hingga kemudian bertumbuh.

Lidah lembap
Lidah lembap dan tidak kering menunjukkan bahwa lidah Anda sehat. Lidah yang lembap juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang mampu membuat gigi menjadi busuk. Anda pun dapat menjaga kebersihan lidah dengan selalu menyikat lidah sesaat setelah menggosok gigi.

Kesehatan gigi dan mulut dapat Anda tingkatkan mulai dengan cara yang sederhana seperti rutin menggosok gigi, menyikat lidah, dan berkumur dengan mouthwash. Selain itu jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali.

Menggosok Gigi

  1. Pengertian menggosok gigi 
  2. Menggosok gigi adalah membersihkan gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi. Merawat gigi merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menjaga agar gigi tetap dalam keadaan yang bersih dan sehat.
  3. Fungsi gigi
  4. Gigi primer atau gigi susu berjumlah 20 buah dimana setiap rahang atas dan rahang bawah memiliki 10 buah gigi.
    Ada 3 jenis gigi yaitu :
    • Gigi seri yang berjumlah 4 buah fungsinya untuk memotong. 
    • Gigi taring berjumlah 2 buah fungsinya untuk menahan dan merobek makanan
    • Gigi gerahan berjumlah 4 buah fungsinya untuk menghaluskan
  5. Manfaat menggosok gigi
    • Gigi menjadi bersih dan sehat. 
    • Mencegah timbulnyacaries atau karang gigi, lubang gigi dan penyakit lainnya. 
    • Memberikan perasaan segar dalam mulut.
  6. Cara menyikat gigi
    • Persiapan alat
      • 1 buah sikat gigi 
      • Gelas atau gayung berisi air 
      • Pasta gigi 
      • Lap dan handuk kering
    • Cara kerja
      • Cuci tangan
      • Ambil dan dekatkan peralatan 
      • Keluarkan isi pasta gigi penuh dan merata pada permukaan sikat gigi 
      • Tutup kembali pasta gigi dan kembalikan pada tempatnya 
      • Mulailah berkumur dengan air 
      • Sikat gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dengan gusi. 
      • Gerakan sikat dengan lembut dan memutar. Sikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah dengan posisi bulu sikat 45derajat berlawanan dengan garis gusi agar sisa makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan. 
      • Gunakan gerakan yang sama untuk menyikat bagian dalam permukaan gigi. 
      • Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Gunakan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok. Biarkan bulu sikat membersihkan celah-celah gigi. Rubah posisi sikat gigi sesering mungkin. 
      • Untuk membersihkan gigi depan bagian dalam, gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakkan perlahan ke atas dan bawah melewati garis gusi. 
      • Berkumur- kumur sampai mulut terasa bersih 
      • Lap / keringkan mulut dengan handuk. 
      • Rapikan alat – alat
    • Perhatian
      • Kita harus menggunakan sikat gigi sendiri
      • Menyikat gigi jangan terlalu keras
      • Jangan sampai tertelan air bekas kumur-kumur
      • Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut

Cara merawat gigi, gusi dan mulut agar tetap bersih dan sehat

Cara merawat gigi, gusi dan mulut agar tetap bersih dan sehat :
  1. Makanlah panganan yang bergizi (Empat sehat lima sempurna). 
  2. Batasi makan dan minum panganan yang mengandung karbohidrat (gula) seperti es krim, permen, coklat dsb. Kandungan gula inilah yang menyebabkan gigi cepat keropos. Demikian juga dengan makanan-makanan yang lengket, dan tak perlu proses pengunyahan yang cukup, seperti fast food, yang membuat plak gigi mudah terbentuk. 
  3. Sikat gigi setiap hari pada pagi hari sehabis sarapan dan sesudah makan malam dengan cara yang baik dan benar. 
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluor, karena fluor terbukti bisa menurunkan angka kejadian karies gigi. 
  5. Melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, supaya kalau ada gigi yang mulai bermasalah/berlubang dapat segera ditangani sebelum terlanjur menjadi besar (deteksi dini). Hendaknya dipahami bahwa sekali gigi mulai berlubang, karies ini tidak bisa mengecil lagi tetapi secara pelan tapi pasti akan membesar terus.