Cara Mengobati Sariawan Pada Anak-Anak Dengan Benar

Kali ini artikel kesehatan akan membahas mengenai cara mengobati sariawan pada anak-anak. Sariawan adalah adanya luka di bibir dan dalam rongga mulut, biasanya sariawan disebabkan karena luka-luka mekanis atau infeksi, bisa juga karena tergigit sendiri dan kekurangan vitamin.

Cara Mengobati Sariawan Pada Anak-Anak Dengan Benar

Apa Penyebab Sariawan Pada Anak Kecil ?
Pada umumnya penyebab sariawan pada anak-anak disebabkan karena saat makan bibir tergigit sendiri, seperti misalnya makan kerupuk, tidak sengaja tergesek di mulut. Bisa juga karena kurang vitamin C dan dehidrasi atau kurang minum, sehingga mulut mudah luka yang disebabkan permeabilitas makanan di dalam rongga mulut.

Apakah Pengobatan Sariawan Pada Anak Sama Dengan Orang Dewasa ?
Pengobatan sariawan pada anak-anak sama dengan pengobatan sariawan pada orang dewasa. Kalau pernyebabnya karena dehidrasi yah harus banyak minum, kalau karena infeksi bakteri, jamur atau virus, harus menggunakan antibiotik antiviral, baik itu untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Yang membedakan pengobatan sariawan ini adalah dosis, tentunya beda dosis antara anak-anak dan orang dewasa. Untuk dosis pengobatan seharusnya ditanyakan ke dokter atau yang lebih ahli tentang obat-obatan.

Bagaimana Cara Pengobatan Sariawan Pada Anak-Anak Di Rumah ?
Untuk pengobatan sariawan anak di rumah, bisa kita berikan minum air yang banyak, memberikan vitamin C dan B. Untuk obat  berikan petroleum jell, salep anestesi dan juga obat kumur minosep yang banyak dijual bebas di apotek. Kalau orang dulu menggunakan sambal yang diulek terus di kasih ke sariawan, ada juga yang menggunakan handuk yang digesek ke sariawan. Hal tersebur jangan dilakukan, karena hanya menambah luka sariawan.

Lebih Baik Beli Obat Sariwan di Apotik atau Buat Sendiri di Rumah ?
Tentunya lebih bagus membeli obat di apotek, karena kita juga bisa bertanya tentang obat dan dosisnya, tidak asal-asalan, apalagi obat untuk anak-anak. Infeksi pada mulut atau sariawan pada anak-anak harus kita tangani dengan cepat. Infeksi yang terjadi pada mulut dapat mengakibatkan bakteri atau jamur masuk dengan mudah. Untuk itu disarankan membeli obat anti viral dan anti jamur bakteri di apotek.

Cara Mengobati Sariawan Pada Anak-Anak Dengan Benar

Apa Yang Harus Dihindari, Agar Anak Tidak Terkena Sariawan Lagi ?
Yang harus dijaga agar anak-anak terhindar dari sariawan adalah :
  1. Jaga dehidrasi. Berikan anak-anak nutrisi yang baik, banyak memberikan air putih, jadi jaga dehidrasinya
  2. Menjaga pola makan. Jadi pola makan anak-anak harus kita jaga, termasuk memberikan sayur-sayuran hijau, buah-buahan.
Dengan menjaga dehidrasi dan pola makan yang baik, anak-anak kita tidak akan mudah terserang penyakit. Karena saat ini banyak macam bakteri dan jamur, sehingga kalau kita tidak memperhatikan dehidrasi dan pola makan yang baik, anak akan mudah terserang penyakit.

Paling Sering Terkena Sariawan Di Bagian Mulut itu bagian mana ?
Bagian mulut yang mudah terkena sariawan adalah :
  1. Gigi gerahan belakang. Gigi belakang gerajan ini biasanya tidak dapat terkontrol, terus saja mengunyah, sehingga mudah kena luka.
  2. Gigi depan juga sering terkena sariawan, karena dehidrasi kering
  3. Gigi taring. Gigi taring ini juga dapat terkena sariawan, karena sering juga mengunyah dan terkena dehidrasi.
Tanda-tanda anak terkena sariawan adalah anak tidak mau makan dan minum, akibat luka sariawan di mulutnya. Berbeda dengan orang dewasa, walaupun terkena sariawan, biasanya kita tetap saja makan dan minum

Demikian artikel kesehatan tentang cara mengobati sariawan pada anak-anak dengan benar, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.
Cara Mengobati Sariawan Pada Anak-Anak Dengan Benar Cara Mengobati Sariawan Pada Anak-Anak Dengan Benar Reviewed by Herlan Hamdan on March 04, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.