Dampak Polusi Bagi Kesehatan Kita

Kali ini artikel kesehatan akan membahas mengenai dampak polusi bagi kesehatan tubuh kita. Baca terus yah...

Dampak Polusi Bagi Kesehatan Kita

Sebenarnya apa sih polusi itu ?
Polusi itu adalah adanya suatu materi yang masuk ke dalam lingkungan tempat tinggal kita, yang menyebabkan lingkungan sekitar kita jadi rusak dan gak nyaman buat ditinggali. Ada berbagai jenis polusi :
  1. Polusi udara
  2. Polusi tanah
  3. Polusi air
  4. Polusi cahaya
  5. Polusi suara
  6. dan Polusi logam berat

Jenis polusi memang banyak, tapi kita fokus untuk membahas polusi udara terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu polusi udara itu adalah Polusi yang paling buat diri kita nggak nyaman. Polusi udara biasanya disebabkan oleh proses pembakaran bahan bakar fosil yang belum sempurna. Contohnya seperti kendaraan bermotor, pembangkit listrik dan mesin-mesin pabrik yang mengeluarkan asap cukup tebal dan pekat. Dari hasil pembakaran itulah menghasilkan nitrogen oksida, sulfur dioksida dan hidrokarbon. Zat-zat inilah yang membuat udara di sekitar lingkungan kita menjadi terkontaminasi.

Ada berbagai macam penyakit yang biasanya menyerang sistem pernafasan kita diakibatkan oleh polusi udara.
1. Asthmatic Bronchiale (asma)
Asthmatic Bronchiale atau asma adalah peradangan saluran pernafasan. Akibat peradangan ini pengidap asma sering merasakan susah bernafas dan sesak nafas yang hebat.
Faktor penyebab penyakit asama biasanya disebabkan oleh debu, asap rokok, asap kendaraan, bulu binatang, virus bahkan terpapar zat kimia. Untuk mencegah timbulnya asma, kalian cukup dengan mengatur pola hidup yang lebih sehat, seperti sering olahraga, kurangi konsumsi junk food dan mulai makan sayur mayur. Sebisa mungkin hindari tempat-tempat yang terlalu lembab dan usahakan selalu menggunakan masker untuk mencegah masuknya debu serta kotoran ke dalam hidung

2. Bronchopneumonia (penyempitan saluran pernafasan)
Bronchopneumonia adalah infeksi yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru. Sama seperti asma, peradangan Bronchopneumonia disebabkan oleh virus bakteri ataupun jamur. virus Bronchopneumonia biasanya bersembunyi pada udara yang kita hirup. Penyakit Bronchopneumonia rentan menyerang anak kecil yang berusia di bawah 5 tahun. Gejala Bronchopneumonia pada anak-anak, yaitu kurang nafsu makan, denyut jantung cepat, rewel dan juga susah tidur. Sebagai orang tua, pastikan Anak kita sudah di vaksin terlebih dahulu. Ada banyak jenis vaksin yang memang khusus untuk mencegah penyakit Bronchopneumonia ini.

Kalau terjadi pada orang dewasa, gejala Bronchopneumonia adalah sesak nafas, nyeri di daerah dada, berkeringat berlebihan dan tempo nafas yang cepat. Untuk itu terapkan pola hidup bersih dan sehat, jangan lupa untuk berhenti merokok.

3. ISPA (infeksi saluran pernapasan akut)
ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut. Jenis infeksi ISPA biasanya mengganggu proses pernapasan kita. Kalau tidak ditangani dengan tepat, ISPA bisa berlanjut pada penyakit yang lebih serius yaitu Pneumonia. Gejala penyakit ISPA cukup mudah untuk kita ketahui. Biasanya hidung yang tersumbat atau berair, bersin-bersin, kadang demam dan juga batuk-batuk. Cara pencegahan ISPA adalah istirahat yang cukup dan minum air putih sesuai dengan kebutuhan harian.

4. Pnemonia (paru-paru basah)
Nah jenis penyakit ini lumayan berat. Pneumonia adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi yang memicu inflamasi pada kantong paru-paru. Biasanya penderita penyakit ini akan mengalami pembengkakan di paru-parunya yang berisi cairan. Karena pembengkakan paru-paru yang berisi cairan, Pnemonia ini sering disebut dengan paru-paru basah oleh orang Indonesia. Gejala pneumonia biasanya ditandai dengan nyeri di dada pada saat bernafas dan batuk berdahak. Selain itu ada yang sampai mual dan muntah muntah. Untuk mendiagnosis Penyakit Pnemonia, sebaiknya kita harus melakukan tindakan anamnesis, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang lainnya.

Demikian artikel kesehatan yang membahas mengenai dampak polusi bagi kesehatan kita, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.
Dampak Polusi Bagi Kesehatan Kita Dampak Polusi Bagi Kesehatan Kita Reviewed by Herlan Hamdan on March 02, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.