Apa itu Lidah Kebas dan Cara Mengatasi Lidah Kebas

Kali ini artikel kesehatan akan membahas tentang cara mengatasi lidah kebas.

Apa itu Lidah Kebas dan Cara Mengatasi Lidah Kebas

Apa itu Lidah Kebas dan Apa Gejala Lidah Kebas ?
Lidah kebas adalah mati rasa di lidah. Jadi biasanya pasien mengeluhkan yang biasanya bisa mengucapkan atau manis, asin, atau pahit, tetapi jadi mati rasa atau Baal atau kebas.

Apa Yang Menjadi Penyebab Lidah Terasa Kebas ?
Penyebab lidah terasa kebas itu luas manifestasinya. Jadi bisa salah satunya karena suatu penyakit tertentu. Atau bisa juga karena pola makan kita, contohnya bisa yang kita makan terlalu pedas ataupun terlalu banyak garamnya atau terlalu banyak penyedap rasa atau pun juga makanan tersebut terlalu panas. Kemudian kalau dari suatu penyakit bisa menimbulkan manifestasi lidah kebas itu, contohnya adalah stroke, tumor otak atau penyakit saraf. Kemudian dari higienitas mulut kita, misalkan jarang gosok gigi, jarang ke dokter gigi. Jadi kebersihan mulut yang kurang bagus itu juga bisa menyebabkan lidah kebas, atau sekedar kurang minum mulut, hingga mulut kering itu juga bisa lidah menjadi kebas.

Apakah Lidah Kebas Merupakan Penyakit Yang Serius ?
Penyebab dari lidah kebas itu bermacam-macam, bisa karena suatu penyakit, bisa juga karena higienitas atau kebersihan mulut yang kurang dijaga. Tetapi kalau penyebabnya karena stroke, tumor otak atau penyakit serius lainnya, biasanya pasien mempunyai keluhan lainnya selain lidah yang kebas.. Lidah kebas pada umumnya disebabkan, karena mulut kering ataupun pola makan yang tidak baik.  Jadi kita lihat apakah ada gejala lainnya yang menyertai.

Apakah Lidah Kebas Termasuk Ciri Kanker Lidah ?
Lidah kebas bisa menjadi salah satu ciri penyebab kanker lidah. Tetapi seperti penyakit kronis lainnya, kita harus juga melihat gejala lainnya. Jadi penyebabnya tidak hanya lidah kebas, bisa jadi adanya sakit tenggorokan, sakit menelan ataupun perdarahan di lidah yang tidak berhenti, sering rasa pusing. Jadi bukan karena lidah kebas kita diagnosis sebagai kanker lidah, tetapi kita juga periksa lebih lanjut.

Penangan Awal Apa Yang Harus Dilakulan Jika Lidaj Terasa Kebas Dan Kapan Harus Periksa ke Dokter ?
Jadi penanganan awalnya adalah karena salah satu penyebabnya adalah kebersihan mulut atau higinitas. Jadi kita bisa perbaiki dulu mulut kita, bisa berobat ke dokter gigi, atau di rumah rajin sikat gigi. Kemudian banyak minum air putih, karena salah satu penyebab llidah kebas adalah mulut kering. Kemudian juga harus ke Dokter, apabila lebah lidah kebas tersebut tidak sembuh dalam 3 hari. Jadi misalkan kita makan terlalu panas, kemudian biasanya itu akan sembuh dalam 1 hari. Atau makan terlalu pedas atau makan kebanyakan garam itu, biasanya 1 sampai 2 hari itu, sudah sembuh. Tetapi kalau misalkan lidah berdarah, nyeri menelan, nyeri tenggorokan yang berlangsung lama, nyeri telinga dan keluhan lainnya, maka diwajibkan untuk konsultasi ke Dokter.

Apa yang tidak boleh dilakukan saat lidah sedang kebas ?
Jadi yang tidak boleh dilakukan saat lidah kebas adalah dengan menghindari penyebab lidah kebas seperti makan terlalu panas, makan yang pedas, makan terlalu banyak asin atau garam, karena  garam yang tinggi atau penyedap rasa tinggi itu akan semakin memperparah gejala lidah kebas tersebut. Jadi yah harus kita harus hindari.

Demikian artikel kesehatan mengenai Apa itu Lidah Kebas dan Cara Mengatasi Lidah Kebas, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Apa itu Lidah Kebas dan Cara Mengatasi Lidah Kebas Apa itu Lidah Kebas dan Cara Mengatasi Lidah Kebas Reviewed by Herlan Hamdan on March 01, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.