Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat Tinggi

Artikel Kesehatan - Apa itu Asam Urat ?
Asam urat adalah Senyawa Purin dalam tubuh, yang sebenarnya tidak berbahaya dan bahkan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Yang menjadi masalah apabila asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi dan hal itu akan menjadi sumbatan pada sendi-sendi di dalam tubuh kita.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat Tinggi
Ukuran asam urat yang tinggi adalah diatas 7 untuk laki-laki , dan diatas 6 untuk wanita. Untuk terhindar dari kelebihan asam urat, kiat sehat akan bagi- bagi info tentang 10 pantangan makanan penderita asam urat tinggi.

Berikut ini adalah Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat Tinggi
1. Segala Jenis Jeroan
Untuk pantangan yang pertama adalah segala jenis jeroan, yaitu hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus dan paru. Makanan jenis ini umumnya memiliki protein yang tinggi yang artinya memiliki kandungan purin yang tinggi. Bagi penderita asam urat tinggi, diharuskan menghindari makanan yang satu ini,

2. Daging
Yang kedua adalah daging, terutama daging merah. Makanan ini mengandung banyak purin dan banyak lemak. Anda bisa membatasi asam urat yang masuk dengan konsumsi daging yang tak mengandung lemak.

3. Makanan Laut
Selanjutnya adalah Makanan Laut. Hidangan bahari ini termasuk menu yang susah di tolak bagi para penggemar Seafood karena rasa lezatnya yang khas. Namun dibalik kelezatan tersebut, makanan ini mengandung banyak purin seperti kerang, lobster, udang, tiram, ikan asin, ikan teri, sarden ikan makarel (ikan kembung).

4. Minuman Berakohol
Keempat adalah Minuman berakohol. Beberapa minuman berakohol mengandung purin tinggi, salah satu nya adalah bir. Selain menyebabkan asam urat berlebih, bir juga dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu rasa nyeri bagi penderita asam urat tinggi.

5. Sayuran
Ada beberapa sayuran yang mempunyai purin yang tinggi. Seperti bayam,  asparagus, jamur dan kembang kol. Walaupun beberapa penelitian mengatakan konsumsi purin dari sayuran tidak terlalu menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi, tetapi tetap disarankan untuk membatasi jumlah asupan beberapa sayuran yang mengandung purin tinggi.

6. Melinjo atau emping
Emping adalah makanan yang terbuat dari melinjo yang ditumbuk, makanan ini sebagai pelengkap makanan yang gurih. Namun dalam proses pembuatan nya ada beberapa lemak yang tak sehat yang membuat emping tak dianjurkan oleh penderita asam urat tinggi.
Selain itu, kandungan purin dalam emping tergolong tak sedikit, dalam 100 gram emping yang kita makan ada kandungan purin berkisar 150 – 180 mg.     

7. Kacang - kacangan
Makanan yang harus di batasi lainnya adalah Kacang – kacangan. Kacang- kacangan yang harus dihindari adalah kacang tanah dan kacang polong.
Sebagai gantinya, penderita asam urat bisa memilih jenis kacang lain seperti kenari (walnut), almon, dan kacang mede (cashew).

8. Gula
Meski kadar purin dalam gula rendah. Tetap disarankan untuk Anda, agar tidak mengonsumsi gula secara berlebihan. Jika Anda penderita asam urat tinggi, konsumsi gula berlebih hanya akan memperparah rasa nyeri. Karena asam urat yang menumpuk akan di ikat oleh gula dalam darah , hal ini akan berakibat penumpukan asam urat menjadi susah terurai.

9. Durian
Pada buah durian terdapat banyak nutrisi dan vitamin. Namun didalamnya juga terkandung banyak purin. Hal ini dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh, yang tak disarankan untuk engonsumsi durian terlalu berlebihan.

10. Obat-Obatan Kimia
Terlalu banyak konsumsi obat-obatan kimia terutama obat pengencer darah akan memicu kadar asam urat didalam tubuh kita semakin tinggi, untuk itu gunakan kimia secara bijak.

Itulah 10 Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat Tinggi. Untuk Anda penderita asam urat tinggi, menghindari makanan asam urat tinggi dapat menurunkan  jumlah asam urat dalam tubuh serta memperlambat kerusakan pada persendian. Selain membatasi makanan ber asam urat tinggi, alahkah baiknya menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga. Olahraga yang rutin dapat menjaga produksi asam urat dalam tubuh tetap stabil. dan yang paling penting adalah memperbanyak minum air putih, untuk membantu proses pengeluaran asam urat melalui urine.

Semoga artikel kesehatan mengenai pantangan makanan bagi penderita asam urat tinggi ini, dapat bermanfaat bagi Anda.
Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat Tinggi Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat Tinggi Reviewed by Herlan Hamdan on February 25, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.