Tips Mencerahkan Kulit - Wajib Di Baca

Artikel Kesehatan - Banyak orang beranggapan bahwa cantik yaitu memiliki kulit putih. Padahal yang lebih penting adalah kulit yang bersih sehat dan cerah.  Kali ini dr. Naomi Laura Hutapea akan menjelaskan perawatan seperti apa yang dapat membuat kulit kita menjadi lebih cerah.

Kali ini artikel kesehatan akan membahas Bagaimana cara mencerahkan kulit. Buat kamu yang penasaran, tetap lanjut membacanya yah.

Tips Mencerahkan Kulit - Wajib Di Baca

Bagaimana Cara Mencerahkan Kulit ?
Warna kulit ditentukan oleh jumlah melanin yang ada di dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh sel khusus yang disebut dengan melanosit. Semakin gelapnya kulit seseorang, itu menandakan bahwa pigmen melaninnya semakin banyak. Banyak faktor yang menyebabkan bertambahnya produksi melanin pada kulit kamu. Diantaranya faktor genetik, hormon, paparan sinar matahari, ataupun kelainan kulit lainnya.

Standar kecantikan masa kini, menilai kecantikan hanya melalui warna kulit. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang mendambakan kulit putih. Sehingga banyak di pasaran produk-produk yang mengklaim dapat memutihkan kulit. Padahal yang terpenting adalah menjaga kulit kamu tetap bersih, sehat dan cerah. Krim atau gel pemutih, bekerja dengan cara mengurangi pigmen yang ada pada kulit. Krim ini biasa digunakan untuk menghilangkan flek-flek hitam ataupun bekas jerawat.

Produk pemutih kulit biasanya memang mengandung resiko, sama seperti produk Skin Care lainnya, pasti kan kamu mengetahui apa yang terkandung di dalamnya dan membaca sebelum membeli dan mengaplikasikannya di kulit kamu. Bahan aktif pada pemutih kulit biasanya merkuri, bahan merkuri ini dapat membahayakan tubuh kamu apabila dipakai. Pemutih kulit biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang digunakan untuk mengurangi produksi melanin pada kulit. Biasanya bahan tersebut adalah hydroquinone. Jadi penting buat kamu untuk konsultasi kepada dokter sebelum menggunakan produk-produk tersebut. Bahan pemutih kulit lainnya biasanya menggunakan steroid sebagai bahan aktif di dalamnya. Dan beberapa krim pemutih kulit menggunakan bahan-bahan alami seperti kojic acid yang berasal dari senyawa jamur. Resiko yang paling berbahaya dari penggunaan krim pemutih adalah terpaparnya merkuri. Seperti yang diketahui penggunaan merkuri dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, ginjal ataupun pencernaan. Pada wanita hamil yang menggunakan produk pemutih yang mengandung merkuri, dapat membahayakan kesehatan janin dan anak. Terdapat resiko lain jika kamu menggunakan krim pemutih dalam waktu yang panjang, salah satunya dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Penggunaan jangka panjang, juga dapat menyebabkan kanker kulit yang berasal dari paparan sinar matahari. Steroid yang terkandung pada krim pemutih dapat menyebabkan infeksi kulit, pengikisan kulit, jerawat ataupun proses penyembuhan luka yang lama.

Hydroquinone dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak dapat diobati. Berbagai zat pemutih termasuk yang berasal dari bahan alami, dapat menyebabkan iritasi ataupun reaksi alergi. Ingat yah yang terpenting adalah menjaga kulit kamu tetap bersih, sehat dan cerah, bukan menjadi putih.

Nah Oleh karena itu, aku punya beberapa tips nih buat kamu, gimana sih cara mencerahkan kulit ?. Treatmen pertama yang digunakan untuk mencerahkan kulit adalah :
1. Chemical Peel. Teknik Chemical Peel ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan merangsang produksi kulit yang baru. Dalam treatmen ini, beberapa bahan kimia akan dioleskan ke kulit, sehingga merangsang pertumbuhan kulit yang baru. Chemical Peel ini memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah mengurangi kerutan halus yang terdapat di bawah mata dan sekitar garis bibir. Berikutnya mengobati kerusakan kulit akibat penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dan yang terakhir mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah. Namun Chemical Peel Ini memiliki efek seperti rasa terbakar dan menyengat di kulit. Jadi setelah melakukan Chemical Peel, biasanya  kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi kamu jangan lupa menggunakan sun crime yah.

2. Dermabrasi dan mikrodermabrasi. Teknik dermabrasi dan mikrodermabrasi dilakukan untuk mencerahkan warna kulit, mengurangi bekas luka, bekas jerawat, strech mark, atapun keriput. Treament Dermabrasi dilakukan oleh dokter. Pada awalnya kulit kamu akan dibersihkan dan kemudian diberi obat bius pada daerah yang akan dirawat. Kemudian dokter akan menggunakan sikat yang bersifat abrasif, yang berkecepatan tinggi, yang berfungsi untuk memperbaiki lapisan terluar kulit kamu.
Sedangkan pada mikrodermabrasi, kristal berukuran kecil akan disemprotkan pada kulit, yang bertujuan untuk menghilangkan lapisan terluar pada kulit. Teknik ini memang tidak seagresif dermabrasi, namun pada dasarnya kedua treatmen ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai proses peremajaan kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut dan cerah.

Demikian artikel kesehatan mengenai Tips Mencerahkan Kulit, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.
Tips Mencerahkan Kulit - Wajib Di Baca Tips Mencerahkan Kulit - Wajib Di Baca Reviewed by Herlan Hamdan on February 17, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.