Apa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri ?

Artikel Kesehatan - Anda sering merasa nyeri di perut bagian kiri bawah? Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri di perut bagian kiri bawah, dengan membaca artikel berikut ini.

Apa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri ?

Penyebab Sakit Perut dan Cara Mengatasinya
Artikel Kesehatan - Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari nyeri perut bagian bawah dan cara mengatasinya secara alami.Ketika Anda mengalami sakit perut yang pertama kali pasti ditanyakan adalah lokasi di mana Anda merasakan sakit perut itu. Mengapa seperti itu, karena lokasi itu akan menentukan gangguan apa yang terjadi di dalam perut Anda. Sekarang yang akan kita bahas adalah nyeri perut di sebelah kiri bawah.

Nyeri perut di sebelah kiri bawah, biasanya disebabkan karena gangguan di :
  • Masalah pencernaan.
  • Adanya masalah reproduksi,
  • Di masalah saluran kemih
  • Juga dinding perut
  • Dan pembuluh darah.
Beberapa penyebab dari nyeri perut di sebelah kiri bawah adalah :
1. Konstipasi
Konstipasi sembelit atau susah buang air besar, ditandai dengan ketidakmampuan untuk buang air besar secara teratur. Biasanya sakit ini akan hilang jika Anda berhasil untuk buang air besar. Untuk mencegah sembelit Anda dapat memperbanyak makan makanan yang berserat. Misalnya sayuran dan juga buah-buahan.
2. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih biasa memiliki gejala Anda nyeri saat buang air kecil, atau dorongan untuk terus-menerus buang air kecil. Infeksi saluran kemih biasa disebabkan oleh bakteri, bakteri ini juga dapat menyerang sistem kemih lainnya. Misalnya ginjal, kandung kemih ataupun ureter atau uretra.
Infeksi pada kandung kemih disebut juga dengan cystitis. Cystitis ini memiliki gejala, nyeri pada perut bagian kiri bawah, kemudian akan terasa sensasi terbakar pada saat buang air kecil, dan dorongan untuk terus-menerus buang air kecil.
3. Radang usus
Penyakit Crohn atau Colitis Ulcerativa adalah radang usus yang merupakan penyebab paling sering pada nyeri perut bagian kiri bawah. Penyakit ini biasanya ditandai dengan selain nyeri perut, buang air besar berdarah, diare yang terus-menerus, juga bisa juga disertai dengan muntah.
4. Kehamilan ektopik
Kehamilan ektopik adalah kehamilan diluar kandungan. Kehamilan ini bisa terjadi di indung telur ataupun di saluran tuba, yang akan menyebabkan sakit yang terus-menerus. Kehamilan ini bisa menyebabkan sakit di perut sebelah bagian kanan bawah ataupun di sebelah kiri bawah.
5. Kista indung telur
Kista indung telur yang terlalu besar, terpelintir atau melekat pada dinding usus di sekitar dapat menyebabkan sakit di perut bagian bawah. Banyak orang yang mengalami gejala nyeri di perut sebelah kiri bawah yang terus-menerus, bahkan sampai terasa ke punggung bawah. Kemudian juga mengalami menstruasi yang tidak teratur, bahkan sampai muntah-muntah. Ternyata setelah diperiksa, orang tersebut menderita adanya kista yang cukup besar yaitu sekitar 7 cm. Hal itu membuat orang tersebut harus dioperasi segera mungkin.

Bagaimana penanganan saat sakit perut tersebut menyerang Anda ?
1. Berbaring atau beristirahat.
Sambil berbaring Anda dapat mengompres dengan handuk hangat ke bagian perut yang terasa sakit.
2. Perbanyak minum air putih
Selain itu juga hindari minuman yang berkarbonasi, seperti soda dan juga yang mengandung kafein misalnya teh ataupun kopi, hindari juga minuman yang beralkohol
3. Tanda darurat medis.
Jadi ketika Anda mengalami buang air besar berdarah, muntah yang berdarah, terjadinya perdarahan atau nyeri yang terus-menerus berlangsung. Disarankan Anda periksa ke rumah sakit atau klinik terdekat.

Nah itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi nyeri perut di bagian kiri bawah, semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda.
Apa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri ? Apa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri ? Reviewed by Herlan Hamdan on February 17, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.