Cara Menghilangkan Panu - Wajib Di Baca

Artikel Kesehatan - Pernah denger mitos, tidak boleh cuci muka, setelah terkena paparan sinar matahari, karena akan menyebabkan panu? atau mitos panu akan menular ? Hmm.. bener gak ya ?

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati panu secara medis.

Cara Menghilangkan Panu - Wajib Di Baca

Apa itu Panu ?
Secara medis panu adalah infeksi salah satu jamur malassezia furfur. Jadi infeksi jamur ini ditandai dengan perubahan warna pada kulit. Perubahan warnanya bisa lebih gelap maupun bisa lebih terang, bahkan ada beberapa kasus warna itu bisa merah muda, ataupun yang keseringan warnanya menjadi lebih putih dibanding sekitarnya itu.

Apa Saja Yang Menyebabkan Panu ?
Penyebab timbulnya panu adalah salah satunya, karena jamur. Tetapi faktor pencetusnya ini kebanyakan, karena kayak higienitas yang buruk. Jadi contohnya kita jarang mandi, jarang cuci muka, atau pun kita mempunyai keringat yang berlebihan, tetapi lama tidak ganti baju. Ataupun kita juga mandi yang kurang bersih, atau juga untuk kita tidak dicuci. Jadi intinya adalah higienitas seseorang itu buruk, jadi bisa terkena infeksi jamur atau yang disebut panu itu sendiri.

Apakah Panu Bisa Menular ?
Banyak yang bilang bahwa panu ini menular, tetapi ternyata panu itu tidak menular, karena sebetulnya infeksi jamur itu sendiri dan memang dari higienitas orang itu sendiri itu. Jadi tidak seperti penyakit lainnya, seperti batuk pilek itu menular. Kalau panu ini memang balik lagi ke kebersihan seseorang.

Apakah Panu Bisa Meluas di Area Kulit ?
Pada kasus-kasus tertentu, contohnya adalah misalkan imun kita menurun, panu bisa saja meluas. Apalagi kalau misalkan memang lama-lama tidak diobati, dan higienitasnya juga tidak diperbaiki, lama kelamaan panu bisa meluas juga.

Apakah Benar Panu Bisa Timbul Akibat Cuci Muka, Setelah Terkena Sinar Matahari ?
Sebetulnya adalah mitos, karena panu memang karena higienitas kita yang sudah dijelaskan. Tetapi memang kalau cuci muka langsung, misalnya kita dari luar habis terkena paparan matahari, itu tidak dianjurkan langsung cuci muka. Kenapa ?, bukan karena menimbulkan panu, tetapi karena kulit kita yang tadinya dari suhu yang tinggi, lalu cuci muka pakai air dingin, itu bahaya untuk kulit kita, karena bisa menjadi stres di kulit kita. Akan timbul putih-putih, tapi sebetulnya itu bukan panu atau infeksi jamur. Tapi karena adanya rangsangan stres dari kulit kita, karena perubahan suhu yang drastis itu menjadi penyebabnya. Jadi sarannya adalah kalau misalkan memang kita sudah keluar beraktifitas diluar, tunggu 15-20 menit, supaya suhu kulit kita kembali normal, baru kita cuci muka.

Bagaimana Cara Menghilangkan Panu ?
Cara untuk menghilangkan panu adalah pertama kita dari higienitas dulu dibersihkan. Jadi yang tadi harus rajin mandi, rajin cuci muka, kemudian pakaian yang juga harus bersih, handuk juga harus bersih dan sisir juga kalau misalkan emang panunya di rambut, bisa menggunakan shampo anti jamur dan bisa menggunakan salep atau krim anti jamur, yang sekarang sudah dijual di pasaran dan bisa dipakai. Atau pun kalau misalkan memang sudah meluas, kita bisa hubungi ke dokter. Dan kalau misalkan dengan krim atau shampo anti jamur masih nggak mempan, kita bisa tambah dengan obat oral yaitu obat anti jamur.

Bagaimana Cara Mencegah Panu ?
Cara mencegah panu yah kita kembali ke higienitas kita, bajunya harus bersih, handuknya harus bersih juga. Diusahakan kalau misalkan anggota keluarga kita ada yang terkena panu, sebaiknya jangan barengan memakai handuk nya atau sabunnya. Jadi dipisahkan sampai seseorang tersebut sembuh.

Demikian artkel kesehatan mengenai Cara Menghilangkan Panu, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Cara Menghilangkan Panu - Wajib Di Baca Cara Menghilangkan Panu - Wajib Di Baca Reviewed by Herlan Hamdan on February 18, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.